Pernikahan dengan teman sekantor

Pernikahan dengan teman sekantor

Putusan MK yang membatalkan peraturan yang melarang pernikahan dengan teman sekantor disambut gembira oleh para karyawan yang selama ini merasa terbebani dengan peraturan tersebut sehingga salah satu pasangan diharuskan keluar dari perusahaan. Para karyawan merasa bahwa undang-undang tidak berhak mengatur pernikahan dengan teman sekantor karena jodoh manusia dapat terjadi dimana saja dan perusahaan tidak berhak melarang dan mengatur perjodohan para karyawannya. Jadi mulai sekarang jika anda ingin menikah dengan teman sekantor bisa lancar melangkah ke pelaminan.

Sebelumnya, aturan dalam UU nomor 13 yahun 2013 tentang ketenagakerjaan telah mengatur dalan pasal 153 ayat 1 huruf f “Pengusaha dikarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan pekerja/buruh mempunyai pertalian darah dan/atau ikatan perkawinan dengan pekerja/buruh lainnya di dalam satu perusahaan kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja, peratutan perusahaan, atau perjanjian kerja bersama”. Kenyataannya kata-kata perkecualian tersebut menjadi celah bagi perusahaan untuk melarang pernikahan dengan teman sekantor.

Permohonan uji materi terhadap pasal tersebut dilakukan oleh karyawan PLN dan MK kemudian mengabulkan permohonana tersebut dengan pertimbangan :

1. Perusahaan tidak bisa menjadikan ikatan perkawinan antara pekerja/buruh dalam satubperusahaan sebagar dasar PHK karena tidak sejalan dengan norma dalam pasal 28D ayat (1) dan ayat (2) UU 39/1999 dan pasal 6 ayat (1) International Covenant and Cultural Rights bahwa pertalian darah atau hubungan perkawinan adalah takdir yang tidak dapat direncanakan maupun dielakkan karena itu tidak dapat diterima sebagai alasan untuk mengesampingkan pemenuhan hak asasi manusia.

2. Larangan ditambah ancaman yang dilakukan perusahaan terhadap pernikahan teman sekantor membuat posisi pihak perusahaan dan pekerja menjadi tidak seimbang karena pekerja menjadi pihak yang lemah karena membutuhkan pekerjaan.

3. Kekawatiran perusahaan akan yerjadinya hal-hal negatif di lingkungan perusahaan dan potensi timbulnya konflik kepentingan dalam mengambil suatu keputusan dalam internal perusahaan, dapat dicegah dengan merumuskan peratiran perusahaan yang ketat sehingga memungkinkan terbangunnya integritas pekerja sehingga terwujud kondisi kerja yang baik, profesional dan adil.

Namun bagi teman-teman yang berniat menjalin hubungan dengan teman sekantor, perhatikan beberapa tips berikut :

Tips pernikahan dengan teman sekantor
Tips pernikahan dengan teman sekantor
Did you like this? Share it:

2 thoughts on “Pernikahan dengan teman sekantor

  • September 7, 2018 at 6:20 pm
    Permalink

    Terimakasih sharingnya.
    Btw, kenapa pernikahan dengan teman sekantor di larang?

    Reply
    • September 25, 2018 at 1:31 am
      Permalink

      Krn ada undang2 yg memberikan kewenangan kepada masing2 perush utk mengaturnya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
Get an awesome sticky message bar!Download
error: Content is protected !!