Dunia Pariwisata Indonesia dan Target Wisman 2019

Dunia Pariwisata Indonesia dan Target Wisman 2019.

Pada tahun ini pemerintah telah menargetkan 17 juta kunjungan wisman ke Indonesia yang berarti naik 13.3% dibandingkan target 2017 sebesar 15 juta kunjungan, sementara menurut data BPS target tahun lalu tersebut tidak tercapai sebesar 14 juta kunjungan. Namun melihat trend kunjungan wisman dalam 2 bulan pada tahun ini terlihat adanya peningkatan sebesar 7.99% dibandingan Jan-Feb 2017 menunjukkan bahwa masih ada peluang untuk meningkatkan kunjungan wisma di dunia pariwisata Indonesia dan target wisman 2109 berupa target 20 juta kunjungan dengan target devisa sebesar usd 20 milyar.

Negara mana saja yang memberikan kontribusi kunjungan terbesar ke Indonesia? Berikut ini data BPS negara asal kunjungan wisman Jan-Feb 2018 : Malaysia (413.000), China (316.300), Amerika (53.600), Inggris (47.400).

Ternyata negara tetangga kita (Malaysia) adalah yang paling banyak berkunjung ke Indonesia, bisa dilihat dari cukup banyaknya frekuensi penerbangan dari malaysia yang dilayani oleh maskapai Malaysia Airline, Air Asia, Firefly, Lapindo, Garuda Indonesia melalui beberapa pintu bandara domestik Indonesia. Pada saat anda berwisata ke Bandung tengoklah di outlet (FO) dan pasar baru sudah dipenuhi oleh orang Malaysia.

Dunia Pariwisata Indonesia dan Target Wisman 2019

Berdasarkan mesin pencari Google, destinasi wisata yang paling banyak dicari oleh turis wisman berdasarkan urutan terbesar adalah :

  1. Bandung : terkenal dengan beragam wisata kulinernya yang lezat. Tak hanya itu, bandung juga menjadi tujuan wisata bagi mereka yang ingin mencari item fashion terkini.
  2. Bali : selalu ada dalam daftar destinasi wisata Indonesia yang paling banyak dicari wisatawan, meski sempat terhalang letusan Gunung Agung beberapa waktu lalu, pariwisata Bali kini kembali bangkit dan aman untuk dikunjungi kembali.
  3. Jakarta : Jakarta punya banyak atraksi wisata, mulai dari petilasan sejarah hingga wisata kuliner dan belanja. Jakarta juga punya kepulauan seribu, destinasi wisata hits yang banyak digemari pelancong dari berbagai daerah dan luar negeri.
  4. Yogyakarta : Yogyakarta punya 30 candi yang tersebar di berbagai wilayahnya, 32 museum yang berisi peninggalan sejarah dan karya seni, 22 pantai dengan segala keindahannya, 10 air terjun eksotis, 11 destinasi wisata adventure yang meliputi susur goa dan petualangan, serta 6 destinasi wisata belanja paling hits.
  5. Surabaya :  Surabaya kaya akan bangunan keagamaan dari berbagai aliran kepercayaan, mulai dari klenteng, masjid, hingga gereja peninggalan sejarah. Salah satu yang paling hits dan banyak dikunjungi adalah masjid Laksanama ChengHo.

 

Rumah Mode di Bandung

Rata-rata lama menginap wisman di hotel berbintang adalah 2,96 hari pada bulan Februari 2018 dan rata-rata menginap terlama di Bali 3,17 hari, Papua Barat 2,14 hari dan DKI Jakarta 2,13 hari.

Data tersebut menunjukkan bahwa peluang untuk meningkatkan kunjungan wisman selalin Bali masih berpeluang searah dengan pembangunan infrastruktur di beberapa daerah wisata selain Bali. Selain itu kegiatan dan acara bertaraf internasional seperti Asian Games 2018 dan IMF-World Bank event di Bali akan bisa memberikan kontribusi kunjungan yang signifikan dan juga sebagai sarana untuk mempromosikan wisata alam Indonesia sehingga akan terjadi repeat visitor setelah event selesai.

Sayangnya Indonesia tidak seperti negara lain yang benar-benar sangat fokus untuk meningkatkan kunjungan wisman dengan membentuk Tourism Board seperti : Singapore Tourism Board (STB), Malaysia Tourism Board (MTB), Australian Tourism Board (ATB) dan beberapa negara lainnya yang sudah sangat terkenal dengan promosi wisata yang dilakukan oleh Tourism Board masing-masing.

Did you like this? Share it:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
Shares
Get an awesome sticky message bar!Download
error: Content is protected !!